Sabtu, 27 Agustus 2011

GAMBAR RUMAH GADANG (SUMATERA BARAT)

(Sumber: www.ourpicnik.info)

(Sumber: minangel.files.wordpress.com)

(sumber: en.bestpicturesof.com)

Setelah menampilkan rumah adat Batak, sekarang rumahgambar akan menampilkan rumah adat dari Sumatera Barat. Di Sumatera Barat, tepatnya di Minangkabau, rumah tempat tinggal dikenal dengan sebutan Rumah Gadang. Rumah Gadang berfungsi sebagai tempat tinggal dan tempat pelaksanaan upacara-upacara adat seperti kematian, kelahiran, perkawinan, serta musyawarah adat.


Dengan sekilas mengamati Rumah adat Minangkabau atau Rumah Gadang, akan nampak kerumitan arsitekturnya. Pola Rumah Gadang berbentuk kapal; kecil kebawah dan besar ke atas. Bentuk atap Rumah Gadang memiliki bubungan yang rumit dengan bentuk melengkung ke atas. Untuk Denah dasar rumah gadang, berbentuk empat persegi panjang dan lantai berada diatas tiang-tiang. Tangga untuk masuk ke dalam rumah berada ditengah-tengah.

Ruangan dalam rumah gadang memiliki ukuran yang disesuaikan dengan banyaknya penghuni rumah tersebut. Namun jumlah ruangnya biasanya ganjil. Sebagai tempat tinggal rumah gadang mempunyai bilik-bilik dimana bilik barisan belakang untuk anak-anak, wanita yang sudah berkeluarga, ibu dan nenek. Ukuran ruang tempat tidur selalu lebih kecil dari ukuran ruangan umum yang menandakan bahwa kepentingan umum selalu didahulukan. Rumah Gadang juga dihiasi dengan berbagai ukiran yang bisanya bermotif tumbuhan. 

Seperti kebanyakan rumah adat di Indonesia, di halaman depan Rumah Gadang terdapat beberapa RANGKIANG, bangunan kecil yang berfungsi sebagai lumbung.

Rumah Gadang merupakan salah satu sumber inspirasi desain rumah bagi yang masih ingin mempertahankan ke-eksotik-an rumah adat Indonesia dalam desain rumah yang akan dibangun.

2 komentar:

FOLLOWER

READ MORE