Kamis, 11 Juni 2009

CERITA PUTRI MANOHARA (RELIEF BOROBUDUR)

relief putri MANOHARA

Dalam kamus bahasa Sansekerta, Manohara diartikan cantik, ramah dan baik hati. Pada candi Borobudur juga terdapat relief Putri Manohara. Cerita asli Putri Manohara itu ada di Buku Jataka-Avadana. Putri Manohara yang ada di relief deretan bawah, di dinding utama sebelah barat, di lorong lantai dua Candi Borobudur itu digambarkan sebagai putri berwajah cantik dengan dua kaki burung....


Dikisahkan, seorang pemburu bernama Halaka, menangkap dengan jaring istimewa manusia burung di sebuah permandian. Manusia burung yang tampak cantik itu adalah putri dari Kerajaan Manusia Burung yang bernama Manohara. Seorang pangeran menukar Putri Manohara dengan suatu hadiah melimpah kepada Halaka. Dikisahkan, Manohara hidup bahagia sebagai istri Sang Pangeran.

Tetapi, pihak keluarga mertuanya tidak suka dengan Putri Manohara. Ibu mertuanya itu menjadi otak bencana duka bagi kehidupan Putri Manohara. Saat Sang Pangeran mendapat tugas berperang melawan musuh di garis terdepan, Putri Manohara diusirnya dari kerajaan itu. Dia lalu pulang ke kampung halamannya di Kerajaan Manusia Burung, sambil mengusung segala dukanya.

Suaminya yang pulang dari medan peperangan sedih karena tidak menjumpai isteri tercintanya di istana. Ia lalu menemui Halaka untuk mencari Manohara.Halaka dikisahkan tidak mengetahui tempat tinggal Putri Manohara. Ia hanya memberitahu Sang Pangeran bahwa dirinya sering menjumpai sekumpulan manusia burung di suatu telaga.Pangeran pun kemudian mencari Putri Manohara di telaga itu. Dia hanya menemukan beberapa manusia burung dan tidak ada Manohara di tempat itu. Ia kemudian menitipkan sebuah cincin perkawinannya kepada salah seorang di antara sejumlah manusia burung untuk disampaikan kepada Putri Manohara.

Semula, Putri Manohara takut kembali kepada Sang Pangeran, namun demi kesetiaannya sebagai istri, ia lalu memutuskan kembali kepada suaminya. Cerita itu berakhir dengan relief yang menggambarkan kebahagiaan Putri Manohara.

Sumber: (http://entertainment.kompas.com/read/xml/2009/06/03/e100158/ada.manohara.di.relief.candi.borobudur)


6 komentar:

  1. wuih,,pengamatan yang sungguh cantik
    sosok hebohnya manohara ternyata dikisahkan juga dengan relief
    hehehehehe
    hebat bos

    BalasHapus
  2. beritanya pernah baca memang di kompas tapi baru kali ini liat reliefnya.....nice sob

    BalasHapus
  3. wah info yang bagus ini bro...trnyata manohara sudah ada sejak dulu kala, hehe.. :D

    BalasHapus
  4. APA INI SATU KEBETULAN ATAU KEANEHAN YANG PATUT KITA CATAT BERSAMA YAH,TAPI KOK BISA MIRIP GETU,DAN INI KITA SEMUA TAU BENAR ADANYA KAN,WAH MAHA KUASA TUHAN DENGAN SEGALA MISTERI KEHIDUPAN,SALAM

    BalasHapus
  5. wah.. ada reliefnya juga toh ? baru tau.. tapi kok kisahnya beda sama yang sekarang ya ? hee..

    BalasHapus
  6. whaawwww kreatif banget dah..

    BalasHapus

FOLLOWER

READ MORE