Senin, 14 Maret 2011

FREE EBOOK: POLOPADANG

CLICK FOR DETAIL 


Rumahgambar terbentuk untuk menampung hasil karya pribadi saya dalam bentuk gambar. Bagi saya, sebuah gambar dapat menampung sejuta kata dan masing-masing orang dapat menyusun rangkaian kata-kata mereka sendiri berdasarkan apa yang mereka lihat dari sebuah gambar. Persepsi itu biasanya dipandu oleh judul yang diberikan kepada sebuah gambar.


Kali ini, saya menampilkan sesuatu yang belum pernah saya tampilkan sebelumnya. Sebuah gambar yang terispirasi dari cerita rakyat Toraya, Polopadang. Gambar yang ada seakan tidak akan cukup untuk menyampaikan pesan yang ada dalam cerita rakyat tersebut.

Kesulitan saya dalam menceritakan kisah Polopadang akhirnya teratasi. Bantuan datang dari Rampa Maega (penulis Novel Landorundun) yang bersedia menuliskan cerita Polopadang yang kemudian saya rubah ke dalam bentuk ebook (free download) agar lebih nyaman untuk dibaca. Akhirnya saya menampilkan sesuatu yang baru: gambar + ebook mengenai cerita rakyat Polopadang.

Polopadang merupakan sebuah cerita yang menurut saya menggambarkan kecerdasan siapapun yang mengawali proses menceriterakannya. Proses yang berlangsung di dalam ceriteranya yang dikaitkan dengan fakta dalam kehidupan sehari-hari menjadikannya sesuatu yang akan dipercayai sebagai sebuah kisah nyata pada zamannya.

DOWNLOAD EBOOK POLOPADANG (134 kb) (link sudah diperbaharui, April 2014)



1 komentar:

  1. thanks atas kunjungan and commentnya, nicee blog sob :-)

    BalasHapus

FOLLOWER

READ MORE