Minggu, 17 April 2011

TUTORIAL PHOTOSOP: MOZAIK FRAME


OUTCOME 

Berhubung saya tidak tahu secara pasti nama untuk teknik editing ini, saya menamakannya secara asal “mozaik frame”. Mozaik frame yang saya maksud adalah teknik mengolah sebuah gambar atau foto sehingga nampak terdiri dari beberapa frame foto yang digabung. Teknik ini sudah bayak digunakan dalam pengeditan gambar, tutorial ini buat yang masih penasaran bagaimana tekniknya, berikut langkah-langkahnya:


1. Buka gambar yang ingin diedit (ctrl + O). Saya menggunakan stok gambar: colourful morning.
2. Duplicate gambar (ctrl + J) 2 kali
3. Akan diperoleh 3 layer: background, layer 1 dan layer 1 copy

4. Buat layer 1 dan layer 1 copy menjadi invisible dengan cara mengklik icon mata di samping kiri layer


5. Sekarang kita akan mengganti warna bacground menjadi hitam putih. Klik kanan pada bacground kemudan pilih layer from background. 


6. Layer backgound akan menjadi layer 0. Sekarang tekan ctrl + U (hue and saturation). Settingannya:

7. Sekarang layer 0 sudah jadi hitam putih. Sekarang buat layer 1 menjadi visible lagi. Kemudian gunakan Rectangular Marquee Tool untuk melakukan seleksi bagian gambar dari layer 1 yang ingin diambil.

8. Select --> inverse atau (ctrl + shift + I ). Tekan delete. Setelah itu, select --> deselect (ctrl + D). Hasilnya:

9. Kemudian pilih menu edit --> stroke. Settingannya disesuaikan dengan ukuran gambar. Saya menggunakan settingan seperti pada gambar

 10. Hasilnya:

11. Kemudian klik kanan di layer 1 dan pilih blending option. Settingan yang saya gunakan:
 12. Hasilnya:
 

13. Layer 1 sudah kelar, sekarang kita ke layer 1 copy. Untuk mengedit layer ini, kita menggunakan teknik yang sama dengan nomor 7 – 12. Untuk memberikan kesan tidak kaku, tekan ctrl + T (free transform). Klik kanan pada gambar dan tekan rotate. Putar gambar sesuai keinginan. Hasilnya:


SELAMAT MENCOBA
TUTORIAL PATHETICNUMBER1.BLOGSPOT.COM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

FOLLOWER

READ MORE