Jumat, 22 Mei 2015

DOA DAN JAWABAN

Gil Scott Heron - A Prayer for Everybody



Seseorang berbincang dengan Tuhan, memberikan pertanyaan dan menyerahkan segala kehidupannya. Tuhan mendengarkan, kemudian menggerakkan hati seseorang untuk menjadi jawaban doa tersebut. Saya dan anda pasti pernah menjadi keduanya; sebagai orang yang berbincang dengan Tuhan dan sebagai orang yang menjadi jawaban bagi doa orang lain. 

.........................................................................................................
Beberapa tahun yang lalu, kami mengadakan kegiatan Paskah padang di sebuah lokasi perkebunan milik pemerintah. Setelah melakukan kegiatan usaha dana selama sebulan, pada hari pelaksanaan, dana kami belum mencukupi. Nekat, kegiatan tetap dilaksanakan. Kegiatan berlangsung selama tiga hari dua malam dan berlangsung dengan sangat baik. 



Masalah terakhir yang kami hadapi adalah pelunasan biaya sewa lokasi. Ketua panitia mengajak saya untuk menghadap ke pengurus perkebunan tersebut dan bernegosiasi. Setelah bernegosiasi akhirnya diberikan toleransi pelunasan biaya sewa lokasi dalam satu minggu dan salah satu dari kami harus meninggalkan kartu identitas. Teman saya tidak membawa identitas dan jadilah kartu mahasiswa saya menjadi jaminan satu-satunya yang bisa kami berikan saat itu. 

Teman-teman kemudian bekerja keras dan upaya pencarian dana yang gencar selama seminggu berhasil mengumpulkan dana yang dibutuhkan. Kartu mahasiswa saya kembali nyaman menyisipkan diri di dalam dompet. Tuhan menjawab doa kami dalam dua cara. Pertama mengajarkan tanggungjawab dan kerja keras; kedua, menggerakkan orang lain untuk menjadi jawaban doa tersebut. 

Waktu kemudian berjalan dan suatu ketika Tuhan akan menjadikan kita sebagai jawaban doa orang lain. Ketika waktu itu datang, kita telah siap melaksanakannya. Tanpa memikirkan pamrih dan tanpa iming-iming kekaguman dari orang lain. Memikirkan bahwa anda dan saya dipercaya untuk menjadi jawaban bagi doa orang lain adalah sesuatu yang luar biasa, apa lagi yang hendak kita banggakan?


A PRAYER FOR EVERYBODY/TO BE FREE
- Gil Scot Heron -


This is a prayer for everybodyIn the world
'Cause I need you and you need me
We need each other

This is a prayer for everybody
In the world
A prayer for you
A prayer for me
A prayer for love and harmony
A prayer for light for all to see
A prayer that someday we'll all be free

'Cause...
There's a lot that's wrong
We must be strong
And not become bitter
If there's a chance
That mankind will profit
Why should we scoff at something new
Or old - if it can make us better?

This is a prayer for everybody
In the world
'Cause without you
And without me
Without love and harmony
Without courage and dignity
What would it mean
To be free?



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

FOLLOWER

READ MORE