Rabu, 20 Mei 2015

TIGA MONYET BIJAKSANA

Monyet-monyet Bijak


Awalnya saya tidak ngeh ketika pertamakali melihat sebuah desain kaos berjudul "Three Wise Monkey". Pada desain tersebut, terdapat gambar tiga ekor monyet; satu monyet menutup mata, satu monyet menutup telinga dan satu monyet menutup mulut. Hingga suatu ketika, tanpa sengaja saya menemukan sebuah tulisan yang membahas tentang ketiga monyet tersebut.

Ketiga monyet tersebut adalah: Mizaru yang menutup matanya diartikan see no evil (janganlah melihat yang tidak baik), Kikazaru yang menutup telinganya diartikan hear no evil (janganlah mendengarkan yang tidak baik), monyet ketiga yang menutup matanya adalah Iwazaru diartikan speak no evil (janganlah mengatakan yang tidak baik). 

.............................................................................................

"Simplicity is the ultimate sophistication"
Leonardo da Vinci

Di kursi sebuah bis malam, seorang pria duduk sambil tetap menggunakan kacamata hitam. Melihat perkembangan di sosial media, nampaknya kacamata merupakan salah satu komponen penting untuk sebuah status "keren". 

Ah...sudahlah, fashion hanyalah salah satu proses pencarian jatidiri. Sayangnya, mungkin orang tersebut yang terlambat memulainya, atau saya yang terlalu berlebihan menilai. Dibalik obat keren berupa kacamata tersebut, mungkin dia ingin menunjukkan sesuatu. Mungkin sebuah kerja keras yang mengantarkannya ke tingkatan yang lebih baik. Ketika yang lain menunjukkannya melalui media sosial, dia menunjukkannya dengan caranya sendiri. Tak perlu munafik, saya pernah melakukan hal serupa.

Setelah melalui banyak proses, sepertinya semuanya: fashion, cara berpikir dan tujuan hidup akan berakhir pada satu titik. Simplicity, Kesahajaan. Kesahajaan yang diramu dari beragam pengalaman, pengetahuan, pemahaman dan identitas. Mungkin tahap inilah yang disebut Elegan. 

Kehidupan mungkin akan sama dengan cara kita memandang fashion. Awalnya kita banyak mencoba, mengikuti arus, namun pada akhirnya kita akan menemukan kenyamanan pada sebuah gaya tersendiri. Tanpa sadar, gaya itu mulai melekat dan menjadi sebuah cirikhas karena pada dasarnya fashion juga menunjukkan karakter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

FOLLOWER

READ MORE