Senin, 15 Juni 2015

SEED

Image Courtesy of: jasontn.deviantart.com

"Bagaimana iman bisa bertumbuh jika tidak mempertanyakan Tuhan?" Sebuah kesimpulan yang dibuat oleh pikiranku pada suatu saat. 

Mempertanyakan tentang Tuhan adalah sesuatu yang harus terus kulakukan.  Dengan bertanya, aku telah menyiapkan sebuah ruang untuk tempat bertumbuhnya daun, batang, akar atau ranting bagi pohon iman. Semua pertanyaan itu akan dijawab. Pasti akan terjawab. Tetapi jawaban itu seperti menanti meteor di malam hari. Selalu datang dengan cara dan waktu yang tidak terduga. 

Dan semakin lama, pohon iman itu akan semakin tinggi, rindang, kuat tetapi rendah hati, karena waktu telah menambahkan kebijaksanaan padanya.
- ♣♣♣ -

Akan kutuliskan ini sebagai jawaban dari sebuah pertanyaan penting yang telah lama menghuni rongga kepala.

Ada sebuah benih bernama KASIH. Benih ini ada bersama manusia sejak dilahirkan. Seperti benih padi yang tidak akan mengeluarkan tunas jika tidak terendam air. Kasih tidak akan bertumbuh apabila tidak tersentuh oleh bentuk kasih yang lain. Terus berdormansi.
.................................................
Seekor anjing berbaring di makam seorang prajurit yang menjadi rekannya selama pelatihan dan di medan perang. Dari kedalaman makam, masih dapat diciumnya aroma tubuh prajurit tersebut. Dia akan berada di sana selama aroma itu masih dapat diciumnya. Dia mengasihi prajurit itu seperti prajurit itu mengasihinya. Mereka menunjukkan kasih dengan kesetiaan satu sama lain.

.................................................
Seorang pria tak dikenal meninggalkan sisa kembalian uangnya di pom bensin untuk digunakan mobil yang berada di belakangnya. Mobil yang berada di belakangnya kemudian melakukan hal serupa untuk mobil yang berada di antrian selanjutnya. Reaksi berantai tersebut terus berlangsung dan berakhir pada sebuah mobil yang dikendarai seorang ibu. Ibu tersebut mengalami kesulitan keuangan dan ingin melakukan perjalanan jauh untuk sebuah peluang kerja. Reaksi berantai yang dimulai oleh seorang pria tak dikenal telah membantunya mengisi bensin mobilnya hingga penuh ditambah sejumlah uang. Kasih tidak perlu pamrih.

- ♣ -

Kasih itu adalah tindakan. Kasih yang dinyatakan dalam tindakan, seperti air bagi benih padi. Merangsangnya untuk bertunas, bertumbuh dan kemudian berbuah. Reaksi berantai yang menghasilkan sebuah keseimbangan memberi dan menerima. Suasana harmonis dalam sebuah lingkup kerajaan yang damai. Kerajaan Allah.

- ♣ -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

FOLLOWER

READ MORE